TULISAN GURU

MENULIS APA PERLU MENULIS

Siti Nurbaya AZ

Menulis, semua orang pasti mau pandai menulis. Tapi apakah kita benar – benar bisa menulis itu yang perlu kita sadari. setelah mengikuti beberapa pertemuan belajar menulis bersama PGRI dan Om Jay, pertanyaan bahwa menulis bukan hal yang mustahil.

menurut beberapa pendapat dari nara sumber yang sudah mengisi kelas menulis, menulis itu adalah proses pembelajaran yang harus di mulai dan kita konsisten dalam kehidupan sehingga kita mahir menulis.

Menurut pak Ngainun Naim menulis perlu memiliki kunci, kunci untuk menulis itu ada beberapa :

  • Perlu ada motivasi
  • Menulis itu adalah anugrah kepada seseorang
  • Menulis memberikan keajaiban pada kehidupan
  • Jangan mudah menyerah
  • Berjejaring
  • Menulis sebanyak – banyaknya

Menurut Drs. Jumanto M.Pd menulis adalah menulis Itu Mudah :

  1. Menulislah menulis dan menulis
  2. Tulislah tema – tema yang ada di sekililing kita
  3. Jagalah motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangt menulis
  4. Sebagai guru banyak ide yang dapat ditulis menjadi buku. Setiap KD dapat dikembangkan menjadi 1 buku pengayaan.
  5. Buatlah outline agar tulisan terarah dan konseptual, tulisan memilki hubungan timbal balik yang disajikan dengan baik. Outline memudahkan penulis menciptakan klimak yang berbeda – beda. Dengan outline akan menghindari penggarapan topik lebih dari dua kali atau lebih dan outline memudahkan penulis mencari materi pembantu.
  6. Di saat menulis hindari niat untuk mengoreksi atau mengedit. Tulis terus ide yang sedang membara.
  7. Buku yang kita tulis sesuikan dengan masa perkembangan bahasa calon pembaca buku kita. Seuaikan dengan jenjang buku sesuia UU No.3 tahun 2017 tentang Perbukuan.
  8. Di masa sekarang banyak materi yang dapat kita kembangkan menjadi buku pengayaan terutama untuk membantu anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.
  9. Kendala kita dalam menulis adalah malas. Kita memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis tetapi malas menulis.
  10. Untuk menjadi penulis bukan ditentukan bakat, menjadi penulis karena kemauan kita untuk menulis menulis dan menulis akhirnya terampil menulis.

Menurut Ibu Sri Sugiastuti, M.Pd Cara menjadi penulis :

  • Banyak membaca
  • Mencoba menulis
  • mengirimkan tulisan
  • Teruslah menulis

Menurut M. Anwar Djaelani menulis adalah keterampilan yang harus di asah mulailah menulis dari sebuah kejadian sehari – hari.

Menurut Wijaya Kesuma menulis adalah mulailah menulis dari kejadian dari kehidupan sehari – hari dan lihat keajaiban dari menulis setiap hari.

menulis adalah suatu kegiatan dari membaca keadaan di sekelliling kita, setelah membaca apa yang tersirat dan tersurat. Apa itu membaca yang tersirat, membaca yang tersirat adalah hasil pengamatan kita dari kehidupan sehari – hari yang bisa kita jadikan tulisan, sedangkan membaca yang tersurat adalah dari membaca berita – berita di koran dan melihat telivisi serta alat komunikasi yang bisa menjadi bahan tulisan kita.

Ingat menulis adalah keterampilan, keterampilan adalah proses yang secara terus menurus harus kita latih dan latih sehingga kita menjadi mahir. Menulis bukan bakat yang harus dimiliki oleh seseorang tapi keterampilan yang harus di latih sehingga mahir menulis, semoga bermanfaat dan menjadi pemotivasi kita untuk menulis.(AZ)

https://nyakbaye.blogspot.com/2020/07/menulis-apa-perlu-menulis.html?fbclid=IwAR1rhFVJ0iBHJA1dGCvcy-bZCNblFkVobYeTu4i3-zOxIW0WQbtKYWpMwYM

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close